10 Tempat Terbaik di Dunia untuk Digital Nomad, Ada Indonesia?

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 21/03/2022 18:30 WIB
10 Tempat Terbaik di Dunia untuk Digital Nomad (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Digital Nomad menjadi semakin popoler lantaran semakin banyak orang yang bekerja dari rumah atau selain di kantor. Digital Nomad merupakan istilah bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat waktu dan tempat.

Club Med telah membuat indeks negara terbaik di seluruh dunia sebagai lokasi digital nomad. Data ini dikumpulkan dan dinilai dengan meningkatnya permintaan untuk gaya hidup nomaden. Club Med melihat biaya hidup, keamanan, kecepatan rata-rata internet, keberadaan alam dan tempat kesehatan, serta jumlah aktivitas santai dan petualangan di setiap negara.

Berdasarkan studi tersebut, Phuket, Thailand adalah tempat terbaik di dunia untuk digital nomad. Phuket mendapatkan skor 299 dari 320. Phuket mendapatkan nilai tinggi dalam hal keamanan dan kecepatan internet.

Wisatawan di Phuket dapat bekerja sambil menikmati 251 pengalaman bersantai di daerah sekiarnya. Bahkan, Phuket menawarkan 750 aktivitas petualangan untuk dijelajahi.

Peringkat kedua diduduki oleh Ho Chi Minh di Vietnam. Kota dengan suhu 34 derajat celsius tersebut menawarkan budaya semarak dan suasana energik serta biaya hidup yang rendah sebesar 716 pound sterling (atau sekitar Rp 14.550.600) per bulan.

Masih di Thailand, peringkat ketiga diduduki oleh Pulau Krabi. Pulau dengan tebing batu kapur, serta gua dan hutan lebat ini menawarkan banyak kegiatan rekreasi bagi para digital nomad.

Kemudian posisi keempat dalam daftar tempat terbaik di dunia untuk digital nomad adalah Kolombo di Sri Lanka, dengan total skor indeks 238 dari 320. Kota ini juga merupakan tujuan yang terjangkau bagi pekerja jarak jauh, dengan biaya hidup rata-rata 645 pound per bulan.

Indonesia, Salah Satu Negara Terbaik untuk Digital Nomad

Indonesia termasuk salah satu negara terbaik untuk digital nomad. Indonesia menempatkan Jimbaran sebagai tempat terbaik untuk digital nomad di peringkat ke-5. 

Desa nelayan di Bali ini merupakan destinasi yang ideal bagi digital nomad yang ingin menikmati budaya Indonesia. Dari kuil laut kuno hingga pasar ikan lokal di pantai, pengunjung akan merasakan budaya lokal yang semarak.

Biaya hidup di Jimbaran tergolong rendah sekitar 479 pound sterling (atau sekitar Rp 9.729.463) per bulan. Sehingga, daerah tersebut dapat dijelajahi dengan harga yang terjangkau.

Jimbaran tercatat memiliki skor keamanan di level 4,28 dari 5. Hal ini membuat Jimbaran menjadi salah satu tempat paling aman bagi digital nomad, dan pilihan yang tepat bagi pemula.

Berikut daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad

  1. Phuket, Thailand
  2. Ho Chi Minh, Vietnam
  3. Krabi, Thailand
  4. Kolombo, Sri Lanka
  5. Jimbaran, Indonesia
  6. Singapura
  7. Kuala Lumpur, Malaysia
  8. Cancun, Meksiko
  9. Siem Reap, Kamboja
  10. Canggu, Indonesia

(Baca Juga: Survei Jobstreet: Mayoritas Pekerja Indonesia Inginkan Sistem Kerja Kombinasi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua