Islandia, Negara dengan Tingkat Kebebasan Berinternet Tertinggi di Dunia pada 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 18/03/2022 17:40 WIB
10 Negara dengan Tingkat Kebebasan Berinternet Tertinggi (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tingkat kebebasan berinternet di Islandia menjadi yang terbaik di dunia pada 2021, menurut laporan Freedom House. Skor indeks kebebasan berinternet di negara tersebut tercatat sebesar 96 dari 100 poin.

Capaian tersebut merupakan yang ketiga kalinya bagi Islandia sebagai negara dengan tingkat kebebasan internet terbaik di dunia. Freedom House juga menyebut bahwa Islandia memiliki tingkat akses internet yang tinggi, sedikit pembatasan pada konten, dan perlindungan yang kuat untuk hak asasi manusia secara online.

Estonia menyusul di peringkat kedua dengan skor indeks kebebasan berinternet sebesar 94. Kanada dan Jerman menempati peringkat ketiga dan keempat. Kanada tercatat memiliki skor indeks kebebasan berinternet sebesar 87 dan Jerman sebesar 79.

Lalu, Britania Raya dan Prancis memiliki skor indeks kebebasan berinternet masing-masing sebesar 78. Diikuti oleh Georgia dengan skor indeks sebesar 77, lalu talia dan Jepang dengan skor indeks masing-masing sebesar 76, dan Australia dengan skor sebesar 75.

Freedom House menghitung indeks kebebasan internet dari 70 negara di seluruh dunia. Tercatat, Tiongkok menduduki peringkat indeks terendah di dunia dengan skor 10.

(Baca: Tingkat Kebebasan Berinternet di Tiongkok Terendah Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua