Survei Charta Politika: Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Calon Gubernur Jabar Terkuat

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 17/03/2022 12:10 WIB
Elektabilitas Tokoh Politik dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat Jika Dilakukan Sekarang (Februari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil masih memuncaki peringkat elektabilitas calon gubernur (cagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar jika dilakukan hari ini. Menurut hasil survei terbaru yang dilakukan Charta Politika Indonesia, tingkat elektabilitas Ridwan Kamil saat ini mencapai 44%.

Perolehan elektabilitas Ridwan Kamil terpaut jauh dibandingkan tokoh-tokoh lainnya yang berpeluang maju sebagai cagub dalam Pilgub Jabar. Hanya ada nama Dedi Mulyadi yang angkanya sudah mencapai 20,8%, berada di posisi kedua.

Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya memperoleh elektabilitas yang sangat jauh dibandingkan kedua tokoh tersebut, yakni di bawah 5%. Dedi Mizwar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 4,8% dan Bima Arya Sugiarto di posisi selanjutnya dengan elektabilitas 4%.

Kemudian, ada nama Dede Yusuf dengan perolehan elektabilitas 1,8%, Cellica Nurachadiana 1,7%, dan Uu Ruzhanul Ulum juga Ono Surono 1,2%. Selebihnya, ada Desy Ratnasari 0,8%, Rieke Dyah Pitaloka 0,4%, Nasrudin Azis 0,3% dan Haru Suandaru 0,3%.

Charta Politika menyatakan nama Ridwan Kamil selalu memperoleh elektabilitas sebagai cagub Jabar tertinggi lantaran masih menjabat sebagai Gubernur Jabar. Selain itu, nama Ridwan Kamil juga selalu masuk dalam jajaran tokoh yang ramai dalam bursa presiden dan wakil presiden.

Sebagai informasi, Charta Polotika melakukan survei pada 3-9 Februari 2022 melalui wawancara tatap muka. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel di Jawa Barat sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sekitar 2,83%.

(Baca Juga: Survei Indikator: Prabowo Calon Presiden Terfavorit Pilpres 2024)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua