Survei Charta Politika: Elektabilitas Gerindra Tertinggi di Jabar, Disusul PDIP

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 17/03/2022 14:30 WIB
Tingkat Elektabilitas Partai Politik di Jawa Barat (Februari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Charta Politika Indonesia melakukan "Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Tahun 2022" di Provinsi Jawa Barat. Salah satunya terkait dengan elektabilitas partai politik.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas Gerindra tertinggi di Jawa Barat. Partai yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut memiliki elektabilitas sebesar 21,3%. Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduduki posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 18,2%. 

Posisi ketiga ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan elektabilitas sebesar 9,1%. PKS bersaing ketat dengan Golkar yang berada di posisi keempat dengan elektabilitas sebesar 9%.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi selanjutnya dengan elektabilitas sebesar 6,2%. Sementara partai politik lainnya memperoleh elektabilitas di bawah 5%, dan masih ada 22,1% responden yang belum tahu atau tidak menjawab.

Charta Politika melakukan survei pada 3-9 Februari 2022 melalui wawancara tatap muka. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel di Jawa Barat sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sekitar 2,83%.

(Baca Juga: SMRC: Elektabilitas PDIP Masih Ungguli Partai Politik Lain)

Data Populer
Lihat Semua