Pecah Rekor! Cristiano Ronaldo Kini Jadi Pesepakbola dengan Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Olahraga
Penulis
Reza Pahlevi 14/03/2022 14:40 WIB
10 Pencetak Gol Terbanyak dalam Pertandingan Resmi FIFA, per 13 Maret 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tiga gol (hattrick) Cristiano Ronaldo melawan Tottenham Hotspur pada Minggu (13/3/2022) lalu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa menurut data FIFA. Penyerang Manchester United ini telah berhasil mencetak 807 gol sejak debut profesionalnya pada 2002.

Cristiano Ronaldo berhasil menggeser pemain Austria, Josef Bican, yang memiliki 805 gol. Bican aktif bermain pada 1931 hingga 1955. Penyerang Brasil, Romario, berada di peringkat ketiga dengan 772 gol.

Pemenang Ballon d'Or 7 kali, Lionel Messi, berada di peringkat keempat dengan 759 gol. Seperti Ronaldo, Messi masih aktif bermain hingga saat ini.

Data jumlah gol ini selalu menjadi perdebatan di dunia sepak bola. Pele, misalnya, mengklaim dirinya telah mencetak lebih dari 1.000 gol selama bermain. Meski begitu, FIFA hanya mengakui 757 gol Pele.

Seperti Pele, jumlah gol Bican juga disebut jauh lebih banyak dari catatan resmi FIFA. Berdasarkan data Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF), Bican mencetak setidaknya 1.813 gol.

(Baca: Ini Daftar 10 Top Scorer Liga Champions Sepanjang Masa)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.