Survei KIC: Emas, Investasi yang Paling Banyak Disukai Kaum Perempuan

Keuangan
1
Monavia Ayu Rizaty 10/03/2022 15:20 WIB
Jenis Investasi yang Dimiliki oleh Perempuan (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), emas merupakan jenis investasi yang paling banyak dimiliki perempuan di Indonesia dengan proporsi mencapai 69,8%.

Selain emas, perempuan Indonesia berinvestasi tanah dengan persentase 34,5%. Disusul bisnis/usaha sebesar 31,1%, properti 24,8%, dan reksadana 24,2%.

Jika dilihat secara umum, perempuan lebih banyak memiliki investasi dengan risiko yang lebih rendah seperti emas, tanah, dan properti. Sementara jenis invetasi yang berisiko cukup tinggi, seperti saham dan cryptocurrency hanya 20% dan 10,9%.

Selain karena risikonya rendah, alasan perempuan lebih menyukai investasi emas adalah untuk menjadi simpanan masa depan keluarga dan anak, investasi yang tidak agresif, dan cukup nilai emas cukup stabil dari tahun ke tahun.

Survei ini dilakukan ada 6-12 September 2021 untuk mengetahui gambaran pengelolaan keuangan dan investasi pada kelompok perempuan. Survei melibatkan 5.204 responden dengan 2.288 dari responden tersebut adalah perempuan. Metode yang dipakai dalam survei adalah online survei dengan metode non-probablity sampling.

(Baca Selengkapnya: Perempuan Lebih Rentan Alami Keluhan Kesehatan ketimbang Laki-laki)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.