Jutaan Penduduk Ukraina Mengungsi Imbas Invasi Rusia, ke Mana Saja?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 04/03/2022 11:40 WIB
Negara Penampung Pengungsi Ukraina (hingga 2 Maret 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR mencatat ada 1,046 juta warga Ukraina yang meninggalkan Ukraina dan menjadi pengungsi untuk mencari keselamatan akibat invasi Rusia sejak 24 Februari 2022. Mayoritas pengungsi merupakan perempuan dan anak-anak.

Polandia merupakan negara yang paling banyak menampung pengungsi asal Ukraina. Jumlahnya mencapai 547,9 ribu orang hingga 2 Maret 2022. Polandia sedang menyiapkan kereta medis untuk mengangkut penduduk Ukraina yang terluka. Mereka juga Menyusun daftar 1.230 rumah sakit yang bisa digunakan untuk merawat pengungsi.

Negara tujuan pengungsi Ukraina selanjutnya adalah Hungaria yang menampung 133 ribu orang. Diikuti Republik Moldova sebanyak 97,8 ribu orang dan Slovakia sebanyak 79,06 ribu orang.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khawatir akan ada 5 juta penduduk Ukraina yang mencari perlindungan di negara-negara tetangga, termasuk hingga 3 juta orang di Polandia.

Jumlah itu jauh lebih besar dibandingkan yang terjadi selama krisis migran 2015, ketika 1,3 juta pencari suaka Suriah, Afghanistan, dan lainnya dari negara-negara yang dilanda konflik membanjiri Eropa, terbesar dalam satu tahun sejak Perang Dunia II.

(Baca Selengkapnya: Krisis Kemanusiaan, Penduduk Negara Ini Butuh Bantuan)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua