Jumlah Anak Korban Kekerasan di Kabupaten Banyumas Tertingggi se-Jateng

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 08/02/2022 15:00 WIB
Jumlah Anak Korban Kekerasan di Jawa Tengah Menurut Kabupaten/Kota (2021*)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kekerasan terhadap anak di Jawa Tengah masih marak terjadi. Data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menunjukkan sebanyak 591 anak di Jawa Tengah menjadi korban kekerasan pada 2021.

Jumlah anak korban kekerasan paling banyak terdapat di Kabupaten Banyumas sebanyak 46 korban. Dari jumlah itu, korban paling banyak merupakan anak usia 13-17 tahun sebanyak 27 korban, anak usia 6-12 tahun sebanyak 16 korban, bahkan adapula anak usia 0-5 tahun sebanyak 3 korban.

Kemudian, jumlah korban kekerasan pada anak di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Cilacap masing-masing sebanyak 35 korban. Di Kota Semarang tercatat ada sebanyak 34 korban kekerasan anak.

Selanjutnya, korban kekerasan anak di Kota Surakarta sebanyak 32 korban. Diikuti Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pemalang masing-masing 28 korban dan 27 korban.

Adapun, jika dirinci berdasarkan jenis kelamin, sebanyak 420 anak perempuan di Jawa Tengah menjadi korban kekerasan pada tahun lalu. Jumlah itu lebih besar dari korban anak laki-laki yang sebanyak 171 korban.

(Baca: Prevalensi Kekerasan Fisik dan Seksual terhadap Perempuan Menurun pada 2021)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.