Inilah 10 Negara dengan Gaji Perawat Tertinggi

Ketenagakerjaan
1
Monavia Ayu Rizaty 07/02/2022 12:00 WIB
10 Negara dengan Gaji Perawat Tertinggi di Dunia (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Perawat merupakan profesi yang memiliki pekerjaan berat, terutama selama pandemi. Profesi ini menempati banyak peran berbeda dengan gaji bervariasi tergantung tingkat pendidikan dan spesialisasinya.

Di beberapa negara, perawat dianggap sebagai pekerjaan yang memiliki prospek cerah dan menguntungkan karena dibayar dengan gaji yang fantastis. Melansir dari nurse.org, gaji perawat di Luksemburg menjadi yang tertinggi di dunia mencapai US$ 91.000 per tahun atau sekitar Rp 1,3 miliar/tahun (kurs Rp 14.394/US$).

Negara dengan gaji perawat tertinggi berikutnya adalah Denmark yang sebesar US$ 87.436. Diikuti gaji perawat di Kanada sebesar US$ 75.660. Adapun, gaji perawat di Kepulauan Virgin dan Australia masing-masing sebesar US$ 72.000 dan US$ 69.699.

Sementara di Indonesia, gaji perawat bervariasi tergantung lingkup profesi yang diambil. Kisaran gaji perawat rumah sakit per bulan dengan Surat Tanda Registrasi (STR) adalah Rp 4 juta - Rp 7 juta per bulan atau Rp 48 juta – Rp 84 juta per tahun.

Sementara, kisaran gaji perawat di Puskesmas adalah Rp 5,2 juta hingga Rp 5,8 juta per bulan dari penghasilan gaji pokok dan tunjangan di luar gaji pokok atau Rp 62,4 juta – Rp 69,6 juta per tahun.

(Baca Selengkapnya: Rasio Tempat Tidur Rumah Sakit di Monako Tertinggi Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.