Deretan Asteroid Terbesar di Tata Surya

Materials
1
Monavia Ayu Rizaty 27/01/2022 11:40 WIB
6 Asteroid Terbesar di Tata Surya
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Di dalam tata surya, tidak hanya terdapat planet, bulan, dan matahari tetapi juga benda langit lainnya, seperti planet kerdil hingga asteroid. Asteroid memiliki berbagai macam ukuran, bahkan ada yang diamaternya mencapai lebih dari 900 km.

Melansir dari starlust.com, Ceres menjadi asteroid terbesar yang ada di tata surya dengan ukuran hingga 939,4 km. Asteroid ini pertama kali ditemukan pada 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Ceres mengorbit mengitari Matahari di dalam sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter.

Asteroid terbesar berikutnya adalah Vesta dengan ukuran 525 km. Letaknya juga sama seperti Ceres, yaitu di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Kemudian, asteroid Pallas memiliki ukuran sebesar 513 km dan disebut sebagai jenis embrio planet.

Selanjutnya ada asteroid Hygea yang tercatat memiliki ukuran hingga 444 km dan memiliki permukaan tipe karbon. Sementara, asteroid Interamnia dan 52 Europa sama-sama memiliki ukuran sebesar 306 km. Interamnia cenderung sulit dilihat, dan 52 Europa memiliki warna yang sangat gelap.

Asteroid sudah berkali-kali menghantam bumi dan meninggalkan kawah besar. Para ahli dan peneliti ilmuwan menyatakan, dalam 600 juta tahun terakhir sekitar 60 asteroid atau benda serupa berukuran diameter sekitar lebih dari 5 km telah menghantam bumi.

(Baca Selengkapnya: Daftar Negara Pemilik Satelit Terbanyak di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua