Manakah Daerah yang Paling Banyak Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas?

Transportasi & Logistik
1
Monavia Ayu Rizaty 24/01/2022 14:20 WIB
Jumlah Kecelakaan Menurut Wilayah (23 Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur menjadi yang tertinggi pada 23 Januari 2022. Berdasarkan data Korlantas Polri, jumlah kecelakaan di Jawa Timur mencapai 46 kasus.

Total korban kecelakaan di Jawa Timur mencapai 80 orang. Sementara, total kerugian materi diperkirakan sebesar Rp 40,9 juta.

Jawa Tengah berada di urutan kedua dengan 27 kasus kecelakaan lalu lintas. Kemudian, di Jawa Barat ada 15 kasus kecelakaan lalu lintas pada 23 Januari 2022.

Jumlah kecelakaan di Sulawesi Selatan tercatat sebanyak 5 kasus. Sementara, Bali memiliki 4 kasus kecelakaan lalu lintas. Adapun, Yogyakarta dan Lampung sama-sama memiliki 3 kasus kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kementerian Perhubungan, kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa hal, yaitu 61 % kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia (terkait dengan kemampuan serta karakter pengemudi), 9 % disebabkan karena faktor kendaraan (terkait dengan pemenuhan persyaratan teknik layak jalan), dan 30 % disebabkan faktor prasarana dan lingkungan.

(Baca Selengkapnya: Mayoritas Korban Kecelakaan Lalu Lintas Berusia Produktif)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua