Apple Rebut Posisi Teratas Pangsa Pasar Smartphone Global di Kuartal IV 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 24/01/2022 18:40 WIB
Pangsa Pasar Pengirimanan Smartphone Global pada Kuartal 4 2021
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan firma riset Canalys menunjukkan, Apple menyumbang 22% dari pengiriman smartphone global pada kuartal IV 2021. Hal ini terjadi berkat permintaan yang kuat terhadap iPhone 13.

Meski berhasil menempati posisi teratas, tetapi pengiriman smartphone Apple tersebut hanya tumbuh 1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal IV 2020, pangsa pasar Apple sebesar 23%.

Sementara, Samsung menempati posisi kedua alias turun dari posisi teratas pada kuartal III 2021. Tercatat, pangsa pasar merek smartphone buatan Korea Selatan ini sebesar 20%.

Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 12%. OPPO dan Vivo di urutan berikutnya dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 9% dan 8%. Sisanya, yakni sebanyak 29% merupakan merek lain.

Adapun laporan Canalys mengatakan, gangguan rantai pasokan paling mempengaruhi vendor smartphone kelas bawah pada kuartal akhir tahun lalu. Namun, sejumlah merek smartphone sudah semakin berinovasi dengan berbagai strategi.

Di antaranya yakni dengan menyesuaikan spesifikasi perangkat sebagai tanggapan terhadap bahan baku yang tersedia. Lalu, produsen smartphone juga mulai mendekati pembuat chip baru untuk mengamankan sumber baru untuk IC, hingga memfokuskan lini produk pada model terlaris.

(Baca: Pengiriman Smartphone Global Turun 6,45% Kuartal III-2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.