Survei KIC: Konten Politik Paling Banyak Mengandung Isu Hoaks

Media
1
Monavia Ayu Rizaty 20/01/2022 15:30 WIB
Topik Konten yang Paling Banyak Mengandung Isu Hoaks (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) yang berjudul “Status Literasi Digital Indonesia 2021”, sebanyak 69,3% responden menyatakan bahwa politik menjadi topik konten yang paling banyak mengandung isu hoaks atau berita bohong pada 2021.

Topik konten yang dinilai responden banyak mengandung isu hoaks berikutnya adalah kesehatan sebesar 39,7%. Disusul oleh topik agama dan lingkungan yang masing-masing sebesar 29,2% dan 21,4%.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa saat ini semakin banyak orang yang mengandalkan internet untuk melakukan klarifikasi berita hoaks, ketimbang bertanya pada keluarga dan saudara.

Hampir separuh (45,5%) responden mengganggap hoaks adalah masalah serius dan kebanyakan (63%) berharap pada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghentikan penyebaran hoaks.

Survei ini dilakukan pada 10.000 responden berusia 13-70 tahun di 34 provinsi pada 4-24 Oktober 2021. Metodologi pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling  dengan teknik home visit di area survei.

(Baca Selengkapnya: Indeks Literasi Digital Indonesia Masuk Kategori Sedang pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.