IKLAN

Paspor Jepang dan Singapura Miliki Akses Bebas Visa Terbanyak di Dunia

Jumlah Negara yang Dapat Diakses Tanpa Visa

Sumber : Henley & Partners,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

18/1/2022, 12.10 WIB

Henley & Partners kembali mempublikasikan Indeks Paspor Henley. Penduduk dengan paspor Jepang dan Singapura bisa berkunjung ke 192 negara bebas visa pada kuartal I-2022. Hal ini menjadikan paspor Jepang dan Singapura sebagai yang terkuat di dunia.

Posisi kedua diduduki oleh Jerman dan Korea Selatan. Penduduk yang memiliki paspor Jerman dan Korea Selatan bisa mendapatkan akses bebas visa di 190 negara.

Selanjutnya, paspor Finlandia, Italia, Luksembourg, dan Spanyol memiliki akses bebas visa di 189 negara. Daftar setelahnya masih didominasi oleh negara-negara Eropa. Austria dan Denmark, misalnya, memiliki paspor dengan akses bebas visa di 188 negara.

Dengan akses bebas visa, pemilik paspor tidak perlu mengurus dan membayar visa sebelum keberangkatan. Visa dapat diperoleh saat kedatangan (on arrival) atau cukup menggunakan izin perjalanan (electronic travel authorization/ETA).

Indeks Paspor Henley menyusun peringkat kekuatan paspor negara-negara di dunia berdasarkan jumlah destinasi yang dapat diakses tanpa memerlukan visa. Peringkat bersumber dari International Air Transport Association (IATA) yang dilengkapi dengan riset dari Departemen Penelitian Henley & Partners.

(Baca Selengkapnya: Selain 'Raja ASEAN', Tingkat Kebebasan Ekonomi Singapura Juga Tertinggi di Dunia)

IKLAN