Survei Datasight: Elektabilitas Prabowo Sebagai Capres Tertinggi, Bersaing Sengit dengan Ganjar

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 13/01/2022 14:00 WIB
Elektabilitas 10 Tokoh Tertinggi Sebagai Calon Presiden dalam Pilpres 2024
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang menurut survei Datasight. Elektabilitas Prabowo mencapai 21,8% dan bersaing sengit dengan Ganjar Pranowo.

Tercatat, Ganjar Pranowo menduduki peringkat kedua dengan perolehan elektabilitas yang tak jauh berbeda dengan Prabowo, yakni 21,5%. Posisi ketiga ditempati Anies Baswedan yang memperoleh elektabilitas sebesar 17,7%.

Dari hasil survei tersebut hanya tiga kandidat yang memperoleh elektabilitas dari responden di atas 10%. Bahkan, banyak responden yang tidak menjawab, yaitu sebesar 14%.

Kemudian, posisi selanjutnya ditempati oleh Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 7,2%. Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono menyusul di posisi berikutnya dengan elektabilitas masing-masing 6,8% dan 3,3%. Sementara itu, tokoh lainnya mendapatkan elektabilitas di bawah 3%.

Survei Datasight dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi pada 6-9 Januari 2022. Survei dilakukan melalui metode systematic random sampling dengan margin of error sebesar 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei Indikator: Prabowo Calon Presiden Terfavorit Pilpres 2024)

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.