IKLAN

Sektor Fintech Jadi Sasaran Pendanaan Terbesar Startup di Indonesia

Pendanaan untuk Startup Berdasarkan Sektor, Kuartal III 2021

Sumber : DailySocial.id, Desember 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Reza Pahlevi

Editor: Annissa Mutia

4/1/2022, 15.10 WIB

Startup sebagai perusahaan berbasis teknologi, banyak berjamuran tumbuh dan berkembang melalui program inkubator bisnis. Dengan program tersebut, para startup akan melalui proses pembinaan, pen­dampingan dan pengembangan usaha hingga dapat mandiri atau spin off.

DailySocial mencatat terjadi transaksi senilai US$ 974 juta atau sekitar Rp 13,8 triliun untuk pendanaan startup pada kuartal III 2021. Sebanyak 43% atau US$ 425 juta dari total tersebut disalurkan untuk sektor teknologi keuangan atau financial technology (fintech).

Fintech menjadi sektor dengan total pendanaan terbesar pada kualtal III 2021. Sektor ini mendapatkan investasi US$ 425 juta dari total 11 transaksi.

Sektor logistik berada di peringkat kedua dengan nilai transaksi sebesar US$ 136 juta. Di peringkat ketiga ada sektor grosir daring dengan pendanaan sebesar US$ 84 juta.

Perdagangan sosial atau social commerce berada di peringkat keempat dengan pendanaan sebesar US$ 48 juta. Jika disederhanakan, perdagangan sosial ini berarti proses jual beli yang menggunakan media sosial sebagai platformnya.

Jika dilihat selama Desember 2020-November 2021, Ajaib menjadi startup fintech dengan penerimaan pendanaan terbesar. Ajaib berhasil meraup dana sebesar US$ 243 juta dalam periode tersebut.

(Baca: 10 Sektor Produktif yang Paling Banyak Mendapatkan Kucuran Dana Fintech)

IKLAN

data terkait