Produksi Rambutan Nasional Turun 10,9% pada 2020

Agroindustri
1
Monavia Ayu Rizaty 23/12/2021 14:40 WIB
10 Provinsi Penghasil Buah Rambutan Terbesar di Tanah Air (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rambutan merupakan tanaman buah yang sudah tidak asing di tengah masyarakat Indonesia. Tanaman khas daerah tropis ini memiliki rasa yang manis dan bentuk yang unik. Rambutan tersebar di negara Asia Tenggara hingga Amerika Latin.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi rambutan di dalam negeri sebesar 681,2 ribu ton pada 2020. Jumlah tersebut turun 10,9% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 764,6 ribu ton.

Berdasarkan provinsi, Jawa Barat menjadi wilayah dengan jumlah produksi rambutan terbesar hingga 127,1 ribu ton. Disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah yang masing-masing sebesar 126,8 ribu ton dan 101,9 ribu ton.

Pulau Jawa memang menjadi wilayah sentra penanaman buah rambutan. Beberapa sentra penanaman buah rambutan yang terkenal, antara lain di Bekasi, Kuningan, Garut, Malang, Probolinggo, dan Lumajang.

Selain rasanya yang sangat enak, buah rambutan juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan sistem pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

(Baca Selengkapnya: Produksi Durian Sumatera Utara Tembus 1,004 Juta Kuintal, Ini Daerah Pemasok Terbesarnya)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua