IKLAN

Produksi Rambutan Nasional Turun 10,9% pada 2020

10 Provinsi Penghasil Buah Rambutan Terbesar di Tanah Air (2020)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

23/12/2021, 14.40 WIB

Rambutan merupakan tanaman buah yang sudah tidak asing di tengah masyarakat Indonesia. Tanaman khas daerah tropis ini memiliki rasa yang manis dan bentuk yang unik. Rambutan tersebar di negara Asia Tenggara hingga Amerika Latin.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi rambutan di dalam negeri sebesar 681,2 ribu ton pada 2020. Jumlah tersebut turun 10,9% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 764,6 ribu ton.

Berdasarkan provinsi, Jawa Barat menjadi wilayah dengan jumlah produksi rambutan terbesar hingga 127,1 ribu ton. Disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah yang masing-masing sebesar 126,8 ribu ton dan 101,9 ribu ton.

Pulau Jawa memang menjadi wilayah sentra penanaman buah rambutan. Beberapa sentra penanaman buah rambutan yang terkenal, antara lain di Bekasi, Kuningan, Garut, Malang, Probolinggo, dan Lumajang.

Selain rasanya yang sangat enak, buah rambutan juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh seperti melancarkan sistem pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

(Baca Selengkapnya: Produksi Durian Sumatera Utara Tembus 1,004 Juta Kuintal, Ini Daerah Pemasok Terbesarnya)

IKLAN

data terkait