Jeruk Siam Jadi Komoditas Buah Terbesar di Kalimantan Barat pada 2020

Agroindustri
1
Monavia Ayu Rizaty 23/12/2021 11:30 WIB
Produksi Buah-Buahan dan Sayuran Tahunan Tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Produksi buah jeruk siam atau keprok di Kalimantan Barat mencapai 1,3 juta ton pada 2020. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan produksi buah-buahan dan sayuran lainnya di Kalimantan Barat.

Kemudian, produksi nenas di provinsi tersebut menjadi yang terbesar kedua dengan produksi sebesar 748,9 ribu ton pada tahun lalu. Kalimantan Barat juga menghasilkan pisang sebanyak 602,8 ribu ton.

Produksi pepaya di provinsi tersebut sebanyak 179,7 ribu ton. Kemudian, produksi durian dan nangka/cempedak di Kalimantan Barat masing-masing sebanyak 146,7 ribu ton dan 116,1 ribu ton.

Meski produksi jeruk siam atau keprok menjadi yang terbesar di Kalimantan Barat, jumlah tanaman buah-buahan yang paling banyak di provinsi tersebut adalah nenas, yakni mencapai 20,3 juta pohon. Jeruk siam atau keprok berada di posisi kedua dengan jumlah 2,6 juta pohon.

Ada pula durian, mangga, nangka atau cempedak, pepaya, pisang, rambutan, dan salak memiliki jumlah tanaman lebih dari 100 ribu pohon. Sementara, jumlah tanaman alpukat dan markisa di bawah 10 ribu pohon.

(Baca Selengkapnya: Produksi Durian Sumatera Utara Tembus 1,004 Juta Kuintal, Ini Daerah Pemasok Terbesarnya)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.