Charta Politika: Presiden Jadi Lembaga Tinggi Negara Paling Dipercaya Publik

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 21/12/2021 11:40 WIB
Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Tinggi Negara
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan, presiden menjadi lembaga tinggi negara yang paling dipercaya publik. Itu berdasarkan penilaian responden yang mengatakan cukup percaya sebanyak 77,8% dan yang mengatakan sangat percaya sebanyak 6,8%.

Sementara itu ada 7,2% responden yang mengataan kurang percaya terhadap presiden. Sisanya, 2% responden mengatakan tidak percaya dan 6,3% lainnya tidak menjawab.

Kemudian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berada pada peringkat kedua sebagai lembaga tinggi negara yang paling dipercaya publik. Responden yang mengatakan cukup percaya terhadap TNI sebanyak 76,3%, dan 7,4% mengatakan sangat percaya.

Menyusul di peringkat ketiga ada Kepolisian RI (Polri) dengan penilaian responden yang mengatakan cukup percaya sebanyak 66,8%, dan 5,8% responden mengatakan sangat percaya. Berikutnya ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan 64.3% responden mengatakan cukup percaya, dan 6% responden sangat percaya.

Survei dilakukan pada periode 29 November hingga 6 Desember 2021 menggunakan metode wawancara tatap muka dengan multistage random sampling dan melibatkan 1.200 responden. Sedangkan margin of error survei tersebut sebesar 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei: TNI Jadi Institusi Paling Dipercaya Publik)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua