IKLAN

Mayoritas Pelaku Kekerasan Seksual di Ranah Publik Berasal dari Teman

Pelaku Kekerasan Seksual di Ranah Komunitas dalam CATAHU 2020

Sumber : Komnas Perempuan, 5 Maret 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Annissa Mutia

20/12/2021, 14.20 WIB

Aksi kekerasan seksual dapat terjadi di ranah domestik maupun publik. Catatan Kekerasan terhadap Perempuan (CATAHU) 2020 menemukan sebanyak 962 kasus kekerasan seksual di ranah komunitas atau publik. Yang mengejutkan, mayoritas pelaku nya merupakan teman.

Tercatat, sepanjang tahun lalu ada 330 kasus atau 34 persen dari total kekerasan seksual di ranah publik yang dilaporkan pelakunya adalah teman. Berikutnya, kekerasan seksual di ranah publik juga banyak dilakukan oleh tetangga sebanyak 209 kasus. Kemudian, orang tak dikenal sebanyak 138 kasus.

Kemudian, ada 120 kasus kekerasan seksual tak teridentifikasi pelakunya. Lalu, sebanyak 91 kasus kekerasan seksual dilakukan oleh atasan kerja.

Ada pula kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh guru dan guru ngaji. Jumlahnya masing-masing dilaporkan sebanyak 28 kasus dan 15 kasus sepanjang tahun lalu. Kemudian, sebanyak 9 kasus kekerasan seksual dilakukan oleh dosen, 6 kasus dilakukan teman media sosial, dan 5 kasus oleh rekan kerja.

Selanjutnya, kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh tokoh agama, driver online, dan tenaga kesehatan yang masing-masing sebanyak 3 kasus. Sementara, masing-masing ada 2 kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh dukun/guru spiritual.

(Baca: Hampir 300 Ribu Kasus Kekerasan terhadap Perempuan Terjadi pada 2020)

IKLAN

data terkait