10 Negara Penghasil Juara Dunia F1 Terbanyak

Olahraga
1
Reza Pahlevi 14/12/2021 16:00 WIB
Jumlah Negara dengan Gelar Juara Dunia F1 Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Max Verstappen baru saja menyabet juara dunia Formula One (F1) pertama kalinya pada Minggu (12/12), sekaligus menjadi pembalap mobil asal Belanda pertama yang mendapat gelar tersebut. Namun, bagi beberapa negara gelar juara dunia F1 sudah pernah disumbangkan pembalapnya bahkan sampai puluhan kali.

Inggris tercatat memiliki 20 gelar juara dunia yang didapat dari 10 pembalap. Lewis Hamilton menjadi penyumbang utama dengan 7 gelar juara dunia F1. Inggris juga menjadi tuan rumah balapan pertama F1 pada 1950.

Jerman berada di peringkat kedua dengan 12 gelar dari 3 pembalap. Michael Schumacher dan Sebastian Vettel masing-masing menyumbang 7 dan 4 gelar. Sisa 1 gelar juara dimiliki Nico Rosberg.

Brasil berada di peringkat ketiga dengan 8 gelar juara dari 3 pembalap. Ayrton Senna dan Nelson Piquet masing-masing menyumbang 3 gelar ajang balap mobil paling bergengsi ini.

Finlandia tercatat di peringkat kelima dengan 4 gelar juara dari 3 pembalap. Capaian ini unik mengingat hanya ada 9 pembalap Finlandia sepanjang sejarah F1.

(Baca: Valentino Rossi Pensiun dengan Jumlah Start Kelas 500cc/MotoGP Terbanyak)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua