10 Pulau dengan Kawasan Konservasi Mangrove Terluas di Indonesia

Produk Konsumen
1
Dwi Hadya Jayani 07/12/2021 16:10 WIB
Luas Kawasan Konservasi Mangrove (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Papua menjadi kawasan yang memiliki ekosistem mangrove terluas di Indonesia. Ini dapat dilihat dari kawasan konservasi mangrove Papua yang mencapai 514.176 hektar (ha) pada 2021.

Kawasan konservasi mangrove terluas selanjutnya berada di Pulau Sumatera. Luasnya mencapai 129.615 ha.

Kawasan konservasi mangrove terluas selanjutnya ada di Kalimantan dengan luas 60.939 ha dan Sulawesi 13.509 ha. Lalu, Maluku dan Nusa Tenggara menyusul masing-masing mempunyai konservasi mangrove seluas 6.991 ha dan 6.664 ha.

Kemudian, Jawa memiliki luas kawasan konservasi mangrove sebesar 6.191 ha. Terakhir, Bali memiliki kawasan konservasi mangrove terkecil di Indonesia dengan luas 1.282 ha.

(Baca: 10 Provinsi dengan Ekosistem Mangrove Terluas di Indonesia)

Sebagai informasi, menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Tata Cara Rehabilitasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, kawasan konservasi adalah bagian wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang memiliki ciri khas tertentu. Ini menjadi satu kesatuan ekosistem yang dilindungi, dilestarikan, dan/atau dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk mewujudkan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Mangrove menjadi salah satu yang dilindungi dalam kawasan konservasi. Salah satu perlindungannya juga dapat dengan rehabilitasi yang mencakup pengayaan sumber daya hati, perbaikan habitat, perlindungan agar tumbuh dan berkembang secara alami, serta ramah lingkungan.

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua