Persaingan bisnis perdagangan online (e-commerce) semakin ketat seiring dengan banyaknya perusahaan e-commerce di seluruh dunia. Berdasarkan data companiesmarket.com, Amazon merupakan perusahaan e-commerce dengan nilai kapitalisasi terbesar pada November 2021.
Perusahaan yang terletak di Amerika Serikat itu tercatat memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 1,81 triliun. Amazon mengungguli Alibaba yang mempunyai kapitalisasi pasar mencapai US$ 370,09 miliar. Masih dari Tiongkok, Meituain menempati posisi berikutnya dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 215,09 miliar.
Kemudian, Shopify asal Kanada tercatat mempunyai kapitalisasi pasar sebesar US$ 204,9 miliar. Diikuti oleh Sea (Garena) asal Singapura dengan US$ 160,61 miliar.
Dua perusahaan asal Tiongkok, yakni Jingdong Mall dan Pinduoduo tercatat memiliki kapitalisasi pasar masing-masing sebsar US$ 140,97 miliar dan US$ 101,96 miliar. Kemudia, MercadoLibre asal Argentina mempunyai kapitalisai pasar sebesar US$ 64,23 miliar.
Adapun, Coupang asal Korea Selatan dan eBay Amerika Serikat masing-masing US$ 46,90 miliar dan US$ 45,48 miliar.
(Baca: Inilah 10 E-commerce Bidang Elektronik dengan Kunjungan Web Terbanyak)