Menurut data App Annie, pengeluaran konsumen untuk games atau gim PC/Mac diprediksi sebesar US$ 41,3 miliar pada 2021. Nilai tersebut naik 4,5% dari US$ 39,5 miliar pada tahun lalu.
Tren pengeluaran konsumen untuk gim PC/Mac cukup terlihat meningkat sejak 2014. Pengeluaran meningkat 11,9% dari US$ 26 miliar pada 2014 menjadi US$ 29,1 miliar pada 2015.
Selanjutnya, pengeluaran konsumen untuk gim PC/Mac meningkat 7,5% menjadi US$ 31,3 miliar pada 2016. Tahun 2019 peningkatannya merosot hanya 3,8% menjadi US$ 32,5 miliar.
Begitupun di tahun 2018, peningkatan pengeluaran konsumen untuk membeli gim PC/Mac kembali menurun hanya 3,1% menjadi US$ 33,5. Pada tahun setelahnya, peningkatan pengeluaran konsumen gim PC/Mac cukup banyak sebesar 7,2% menjadi US$ 35,6 miliar.
Pengeluaran konsumen untuk gim PC/Mac tercatat jauh tertinggal jika dibandingkan dengan pengeluaran untuk mobile games atau gim telepon seluler (ponsel). Pengeluaran konsumen untuk gim ponsel diperkirakan mencapai US$ 120 miliar pada 2021, jauh dibandingkan dengan gim PC/Mac yang sebesar US$ 41,3 miliar.
(Baca: Mayoritas Gamers Indonesia Habiskan Waktu 4 Sampai 7 Jam Per Minggu)