Alibaba kembali mencatatkan rekor nilai transaksi pada gelaran festival belanja 11.11 tahun ini. Raksasa e-commerce asal Tiongkok ini memperoleh transaksi bruto alias gross merchandise volume (GMV) sebesar RMB 540,3 miliar (kurs RMB1 = Rp 2.233) atau Rp 1.206 triliun selama kampanye belanja tersebut berlangsung selama 11 hari.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu, nilai ini meningkat 8,45% secara tahunan (year on year/yoy). Namun, nilai ini meroket 1.038.938% dibandingkan tahun pertama festival belanja 11.11 Alibaba yang berlangsung pada 2009.
Vice President Alibaba Group Yang Guang mengatakan terdapat 290 ribu merek (brand) yang berpartisipasi dalam festival belanja ke-13 di tahun ini. Sebanyak 65% di antaranya terdiri dari usaha kecil dan menengah, produsen sektor industri, dan merek baru.
Alibaba mengklaim, sebanyak 78 brand mengalami peningkatan transaksi dari RMB 10 juta pada 2020 menjadi lebih dari RMB 100 juta tahun ini. Selain itu, 698 merek lainnya mencatatkan kenaikan transaksi dari RMB 1 juta menjadi RMB 10 juta.
Di samping itu, Alibaba juga mencatatkan peningkatan minat pembeli dari kalangan generasi milenial dan generasi Z pada 11.11 tahun ini. Lebih dari 45% pembeli merupakan kelahiran 1990-an dan 2000-an. Konsumen yang lahir pada 2000-an juga meningkat 25% secara yoy.
(Baca: Pendapatan Alibaba Terus Meningkat dalam Satu Dekade Terakhir)