Perempuan Riau Paling Banyak Alami Kekerasan Fisik oleh Pasangan

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 09/11/2021 12:00 WIB
Persentase Perempuan Usia 15 Tahun ke Atas di Riau yang Mengalami Kekerasan Fisik Menurut Pelaku
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kekerasan fisik terhadap perempuan masih banyak terjadi di Riau. Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 4,27% perempuan mengalami kekerasan fisik oleh suami atau pasangannya.

Dari jumlah itu, 56,25% kekerasan fisik terhadap perempuan terjadi lantaran suami/pasangan lebih berkuasa. Ada 43,75% kekerasan fisik terhadap perempuan karena masalah keluarga.

Sebanyak 37,5% kekerasan fisik terhadap perempuan terjadi karena masalah keuangan. Sedangkan, 43,75% karena faktor lainnya.

Selain oleh suami/pasangan, ada 1,87% kekerasan fisik terhadap perempuan di Riau yang dilakukan oleh keluarga. Ada pula 1,07% kekerasan fisik terhadap perempuan di Riau yang dilakukan rekan kerja.

Kemudian, 0,27% kekerasan fisik terhadap perempuan di Riau dilakukan atasan. Persentase serupa untuk kekerasan fisik oleh pelaku lainnya.

BPS melakukan survei ini dengan menggunakan metode daring pada 8-30 Juni 2021. Survei ini melibatkan 918 responden perempuan usia 15 tahun ke atas di Riau, namun hanya 375 orang yang datanya lengkap sehingga dapat dilakukan analisis lanjutan.

(Baca: Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Banyak Terjadi di Rumah)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.