IKLAN

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Usianya Lebih dari 1 Milenium

10 Universitas Tertua di Dunia

Sumber : The College Post,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

8/11/2021, 12.20 WIB

Banyak orang yang menganggap Universitas Al-Azhar atau Universitas Oxford sebagai univesitas tertua di dunia. Dua universitas ini memang masuk dalam daftar universitas tertua, namun bukanlah yang tertua di dunia.

Seperti dilansir dari thecollegepost.com, inilah sepuluh daftar universitas tertua di dunia.

  1. Al-Qarawiyyin (Maroko) – 859 M

Di peringkat pertama universitas tertua di dunia adalah University of Al-Qarawiyyin. Universitas ini terletak di Fez, Maroko, dan awalnya berupa masjid. Masjid tersebut pertama kali didirikan oleh Fatima al-Fihri pada 859.

  1. Al-Azhar University (Mesir) – 975 M

Al-Azhar University adalah universitas tertua di Mesir. Universitas ini berdiri antara tahun 975. Al-Azhar University merupakan universitas pertama yang menjadi pusat pembelajaran Islam.

  1. University of Bologna (Italia) – 1088 M

University of Bologna merupakan universitas tertua di Eropa yang dibangun pada 1088. Universitas ini memimpin inovasi di dunia barat hingga perang dunia kedua.

  1. Oxford University (Inggris) – 1096 M

Menurut catatan sejarah, Universitas Oxford sudah berdiri sejak tahun 1096. Banyak ilmuwan dan peraih nobel yang dilahirkan oleh kampus ini, salah satunya adalah Stephen Hawking.

  1. University of Salamanca (Spanyol) – 1134 M

Universitas Salamanca berlokasi di Spanyol. Kampus ini berdiri sejak tahun 1134, tepatnya di Kota Salamanca, Spanyol Tengah. Universitas Salamanca memiliki lebih dari 80 program sarjana.

  1. Cambridge University (Inggris) – 1209 M

Universitas Paris berdiri sejak pertengahan abad ke-12. Perguruan tinggi ini sekarang dibagi menjadi 13 universitas otonom. Empat kampus pertama terletak di Sorbonne, sisanya tersebar di berbagai wilayah.

  1. University of Padua (Italia) – 1222 M

University of Padua didirikan pada 1222 dan merupakan salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi. Universitas Padua terkenal karena penelitian awal yang revolusioner dalam astronomi, hukum, kedokteran dan filsafat.

  1. University of Naples Federico II (Italia) – 1224 M

University of Naples Federico II didirikan pada 1224 oleh Frederick II, kaisar Kekaisaran Romawi Suci. Universitas ini terletak di Naples, kota terbesar ketiga di Italia dan satu salah satu kota tertua yang terus berpenghuni di dunia.

  1. University of Toulouse (Prancis) – 1229 M

Universitas ini disebut-sebut sebagai salah satu universitas yang paling awal didirikan di Eropa pada 1229. Pada awalnya, universitas ini hanya mengarkan teologi yang pada saat itu diajar oleh Raymond VII.

  1. University of Coimbra (Portugal) – 1290 M

Meski awalnya didirikan di ibukota Portugis pada 1290, Universitas Coimbra direlokasi beberapa kali oleh beberapa raja terdahulu, sehingga akhirnya menetap di Coimbra. Universitas ini masuk daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai pengakuan atas bangunan bersejarah, halaman terbuka, dan tradisi budaya.

(Baca Selengkapnya: Singapura Punya Universitas Terbaik di Asia)

IKLAN

data terkait