Inilah 15 Daftar Film Anime Berpendapatan Tertinggi Hingga saat Ini

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 28/10/2021 11:40 WIB
15 Film Anime dengan Pendapatan Tertinggi Hingga saat Ini
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan anime. Tontonan asal negeri Sakura ini sudah berkembang luas dan sangat laris di pasaran internasional. Dari sekian banyak film anime, ada beberapa anime yang memiliki pendapatan yang lebih besar dari lainnya.

Dilansir dari gamerant.com, berikut daftar sepuluh film anime berpendapatan tertinggi hingga saat ini.

  1. Demon Slayer the Movie: Mugen Train (US$ 410 Juta atau Rp 5,82 Triliun (Kurs Rp 14.200/US$)

Peringkat pertama ditempati oleh film anime berjudul Demon Slayer the Movie: Mugen Train dengan pendapatan mencapai US$ 456 juta atau Rp 5,82 triliun. Film anime yang merupakan sekuel langsung dari serial anime televisi tahun 2019 ini disutradarai oleh Haruo Sotozaki dan diproduksi oleh Ufotable.

  1. Your Name (US$ 357 Juta atau Rp 5,07 Triliun)

Your Name membawa nuansa abru bagi industri animasi Jepang dan genre romantis-fantasi. Fokus film anime tak hanya pada sisi cerita tetapi juga teknologi animasi yang canggih. Film ini juga melambungkan nama Makoto Shinkai yang disebut sebagai suksesor animator Studio Ghibli.

  1. Spirited Away (US$ 355 Juta atau Rp 5,04 Triliun)

Spirited Away dinilai sebagai film tersukses yang diproduksi Studio Ghibli dan tangan Hayao Miyazaki. Sejak dirilis pada 2001, Spirited away mendapatkan penghargaan film animasi terbaik di ajang Piala Oscar ke-75.

  1. Howl’s Moving Castle (US$ 236 Juta atau Rp 3,35 Triliun)

Howl’s Moving Castle dirilis Studio Ghibli setelah Spirited Away mendulang kesuksesan di seluruh dunia. Anime ini berhasil meraup pendapatan Rp 3,35 triliun, salah satunya berkat pemutaran perdana yang dilakukan di Festival Film Venesia.

  1. Ponyo (US$ 204 Juta atau Rp 2,89 Triliun)

Ponyo dirilis pada 2008 oleh Studio Ghibli dan digarap Makoto Shinkai. Film ini berkisah tentang Ponyo, seekor ikan yang terdampar di pinggiran laut dan diselamatkan oleh seorang anak laki-laki berusia 5 tahun.

  1. Weathering with You (US$ 193 Juta atau Rp 2,74 Triliun)

Weathering with You merupakan salah satu film karya Makoto Shinkai yang populer serta sukses secara finansial. Film anime ini tayang di 140 negara serta mendapatkan beberapa penghargaan bahkan penghargaan internasional.

  1. Stand by me: Doraemon (US$ 183 Juta atau Rp 2,6 Triliun)

Doraemon merupakan anime yang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Doraemon telah berubah dari sebuah serial anime, menjadi sebuah ikon yang familiar di berbagai tempat, termasuk Indonesia. Film ini juga memenangkan penghargaan Japan Academy Prize for Animation of The Year pada Japan Academy Prize yang ke-38.

  1. Princess Mononoke (US$ 169 Juta atau Rp 2,4 Triliun)

Princess Mononoke adalah film garapan studio Ghibli dan menjadi salah satu film ikonik hasil dari studio buatan Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, Isao Takahata, dan Yasuyoshi Tokuma. Film anime keluaran 1997 ini menjadi film layar lebar Jepang dengan jumlah pendapatan terbesar pada 1997.

  1. Pokemon: The First Movie (US$ 163 Juta atau Rp 2,31 Triliun)

Film ini menjadi film Pokemon terlaris dengan pendapatan sebesar US$ 163 juta atau Rp 2,31 triliun. Film ini mengisahkan tentang peneliti bernama Dr. Fuji yang berusaha menciptakan pokemon terkuat bernama Mewtwo.

  1. The Secret World of Arriety (US$ 149 Juta atau Rp 2,11 Triliun)

The Secret World of Arriety merupakan film garapan Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengandung plot yang cukup sederhana tetapi sangat memukau di bagian animasi dan musiknya.

  1. The Wind Rises (US$ 136,5 Juta atau Rp 1,94 Triliun)

The Wind Rises diproduksi oleh Studio Ghibli dan disutradai oleh Hayao Miyazaki. Film anime ini termasuk dalam nominasi Best Animated Featured Film dalam ajang Academy Awards ke-85, yang akhirnya dimenangkan oleh Frozen.

  1. Pokemon: The Movie 2000 (US$ 133,95 Juta atau Rp 1,9 Triliun)

Film kedua dari serial Pokemon ini disutradarai oleh Michael Haigney dan Kunihiko Yuyama. Dalam film ini diperlihatkan beberapa pokemon baru yaitu Lugia dan Slowking.

  1. Dragon Ball Super: Broly (US$ 115,76 Juta atau Rp 1,64 Triliun)

Dragon Ball Super: Broly menjadi film anime terlaris untuk franchise Dragon Ball dan mendominasi box office Jepang. Selain mendominasi di box office Jepang, Broly saat ini menjadi film anime terlaris ketiga yang dirilis di Amerika Serikat.

  1. Case Closed: The Fist of Blue Sapphire (US$ 115,57 Juta atau Rp 1,64 Triliun)

Film ke-23 dari franchise Detective Conan ini dirilis di Jepang pada 12 April 2019 dan merupakan film Detective Conan pertama yang disutradarai oleh sutradara wanita, Tomoka Nagaoka.

  1. Case Closed: Zero the Enforcer (US$ 101,86 Juta atau Rp 1,44 Triliun)

Case Closed: Zero the Enforcer adalah film ke-22 dari franchise Detective Conan. Film anime ini diproduksi oleh TMS Entertainment dan dirilis pada 2018.

(Baca Selengkapnya: Kim Soo Hyun, Aktor Korea Selatan dengan Bayaran Termahal pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua