SMRC: Meski Unggul, Elektabilitas PDIP Cenderung Menurun

Politik
1
Cindy Mutia Annur 07/10/2021 17:30 WIB
Elektabilitas Partai Politik dalam Simulasi Semi Terbuka
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki elektabilitas paling besar dibandingkan partai politik lainnya. Berdasarkan simulasi semi terbuka, PDIP dipilih oleh 22,1% responden.

Partai Golkar berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 11,3%. Setelahnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas sebesar 10%.

Kemudian, Partai Gerindra mendapatkan elektabilitas sebesar 9,9%. Sedangkan, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing memperoleh elektabilitas sebesar 8,6% dan 6%.

Meski PDIP berada di posisi puncak, Direktur Riset SMRC Deni Irvani menilai elektabilitas partai berlambang banteng moncong puyih itu cenderung menurun. Pada Maret 2020, elektabilitas PDI-P tecatat sebesar 25,9%.

Adapun, SMRC melakukan survei secara acak terhadap 1.220 responden pada 15-21 September 2021. Response rate terhadap survei ini sebesar 981 orang atau 80% dari total responden. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 3,19% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Jika Pilpres Sekarang, Prabowo dan Anies Jadi Capres Favorit)

Data Populer
Lihat Semua