Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar TikTok di Dunia pada 2020

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 29/09/2021 13:20 WIB
10 Negara dengan Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terbanyak di Dunia pada 2020
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan pasar kedua terbesar TikTok di dunia pada 2020. Melansir dari Statista, ada 22,2 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) aplikasi video pendek tersebut di tanah air pada tahun lalu.

Sementara itu, Amerika Serikat menduduki peringkat teratas dengan 65,9 juta pengguna aktif bulanan TikTok pada 2020. Rusia menyusul Indonesia dengan 16,4 juta pengguna aktif bulanan TikTok.

Sebanyak 12,6 juta pengguna aktif bulanan TikTok berada di Jepang. Prancis dan Jerman menyusul dengan pengguna aktif bulanan TikTok masing-masing sebanyak 9,3 juta dan 9,1 juta.  

Dikutip dari The Verge,  TikTok melaporkan bahwa pengguna aktif bulannnya kini telah melewati angka satu miliar. Angka ini berhasil dicapai meski platform yang dirilis pada Agustus 2018 tersebut telah menjadi objek pengawasan oleh pemerintahan di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Adapun, popularitas TikTok tercatat melonjak semenjak pandemi Covid-19.  Perusahaan milik ByteDance ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal I-2020 dengan sekitar 315 juta unduhan, menurut perusahaan analisis aplikasi SensorTower.

(Baca: TikTok Diunduh Hampir 1 Miliar Kali sepanjang 2020)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.