14.922 Santri Belajar di Berbagai Pondok Pesantren Kabupaten Sidoarjo

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 23/08/2021 14:50 WIB
Jumlah Santri Pondok Pesantren di Kabupaten Sidoarjo (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah santri pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 14.922 santri pada 2020. Jumlah santri ini tersebar di 98 pondok pesantren.

Kecamatan Krian merupakan kecamatan yang paling banyak memiliki jumlah santri, yakni 2.230 santri di enam pondok pesantren. Kecamatan Buduran di urutan kedua dengan jumlah santri sebesar 1.728 santri di sembilan pondok pesantren.

Selanjutnya Kecamatan Tanggulangin dengan jumlah santri sebesar 1.686 santri di delapan pondok pesantren. Sementara Kecamatan Sidoarjo dan Kecamatan Waru masing-masing memiliki santri sebanyak 1.415 di lima pondok pesantren dan 1.225 santri di 11 pondok pesantren.

Pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo telah melahirkan tokoh-tokoh Islam yang giat berdakwah hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Beberapa pondok pesantren yang terkenal di daerah ini antara lain Pondok Pesantren Al-Hidayah, Pondok Pesantren Al-Fattah, dan Pondok Pesantren Jabal Noer.

Kabupaten Sidorjo juga memiliki pondok pesantren tertua di Provinsi Jawa Timur, yakni Pondok Pesantren Al-Hamdaniyah. Pondok pesantren ini menghasilkan ulama-ulama besar seperti KH. Hasyim Asy’ari, pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama.

(Baca Selengkapnya: Sebanyak 1,36 Juta Siswa Bersekolah di Jakarta pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua