Tel Aviv, Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Asia pada 2021

10 Kota dengan Biaya Hidup Tertinggi di Asia (2021)

Sumber : Numbeo,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

16/8/2021, 12.50 WIB

Berdasarkan situs yang mengukur biaya hidup di dunia numbeo.com, Tel Aviv menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Asia pada 2021 dengan indeks biaya hidup mencapai 92.2. Skor tersebut lebih tinggi 3,2 poin dibandingkan Paris.  

Menurut The Economist Intelligence Unit (EIU), Tel Aviv menjadi kota dengan biaya hidup tertinggi di Asia karena kota itu menjadi pusat ekspor dalam beberapa tahun terakhir sehingga mata uang Israel pun semakin menguat.

Secara global, indeks biaya hidup Tel Aviv berada di urutan 21 setelah kota Arhus, Denmark. Kota dengan biaya hidup termahal di dunia adalah Hamilton, Bermuda yang memiliki indeks biaya hidup hingga 150,73 pada 2021.

Kota dengan biaya hidup termahal lainnya adalah Jerussalem dengan indeks 86,19. Kemudian di urutan ketiga ada Nagoya dengan indeks 85,49. Dari 10 kota termahal di dunia, lima di antaranya berada di Israel, dua di Jepang, serta Singapura, Hong Kong, dan Korea Selatan masing-masing satu. Sementara Jakarta berada di urutan 47 dengan indeks 41,51.

 

Indikator yang digunakan untuk menghitung indeks kota dengan biaya hidup termahal di Asia ini antara lain perbandingan harga sewa rumah, harga barang kelontong, harga makanan dan minuman di restoran, transportasi, tagihan utilitas rumah tangga, biaya sekolah, asisten rumah tangga, dan biaya rekreasi.

(Baca Selengkapnya: 10 Kota dengan Biaya Hidup Tertinggi di Dunia)

data terkait