10 Bandara Terbesar di Dunia, Luasnya Lebih dari 700 Km2

10 Bandara Terbesar di Dunia (Km2) (2021)

Sumber : World Atlas,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

10/8/2021, 11.50 WIB

Bandara punya peran penting sebagai simpul dalam jaringan transportasi antar pulau dan negara, tempat pergantian pesawat, dan pintu gerbang perekonomian. Secara global, terdapat sekitar 43.983 bandara baik bandara komersial maupun non-komersial dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Dilansir dari World Atlas, Bandara Internasional King Fahd menjadi bandara terbesar di dunia. Bandara yang terletak di Dammam, Arab Saudi, ini memiliki luas hingga 776 km². Luas bandara ini bahkan melebihi luas negara tetangganya, yaitu Bahrain.

Advertisement

Diresmikan pada 1999, Bandara Internasional King Fahd memiliki enam terminal penumpang serta terminal khusus bagi keluarga kerajaan, pejabat pemerintah, dan pejabat asing lainnya.

Setelah Bandara Internasional King Fahd, di posisi kedua adalah Bandara Internasional Denver yang terletak di Denver, Amerika Serikat. Bandara seluas 135,71 km² ini memiliki penerbangan non-stop di seluruh Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Latin yang melayani 187 tujuan.

Posisi ketiga ditempati oleh Bandara Internasional Dallas/Fort Worth yang terletak di Dallas, Amerika Serikat. Bandara ini luasnya mencapai 69,63 km². Bandara ini juga merupakan bandara tersibuk di dunia dengan rute penerbangan ke lebih dari 200 tujuan di seluruh dunia.

(Baca Selengkapnya: Inilah 10 Bandara Terbesar di Indonesia)

data terkait