Honda, Produsen Motor Peraih Gelar Juara Dunia MotoGP Terbanyak

Olahraga
1
Andrea Lidwina 07/08/2021 12:00 WIB
Tim dengan Jumlah Gelar Juara Dunia Terbanyak di MotoGP (1949-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Balap MotoGP menjadi juga menjadi ajang persaiangan antara produsen motor, selain para pembalap. Honda menjadi pabrikan motor peraih gelar juara MotoGP terbanyak dibandingkan constructor atau tim produsen motor lainnya. Sebanyak 21 gelar sudah diraih Honda sejak ajang balap motor ini diadakan dari 1949 hingga 2020. 

Sejumlah pembalap pernah mendapatkan gelar itu bersama Honda. Mereka adalah Marc Marquez (6 kali), Mick Doohan (5 kali), Valentino Rossi (3 kali), dan Freddie Spencer (2 kali). Kemudian pembalap lainnya seperti, Wayne Gardner, Eddie Lawson, Alex Criville, Nicky Hayden, dan Casey Stoner masing-masing satu kali.

Pabrikan motor MV Agusta dan Yamaha menempati posisi kedua dan raihan gelar MotoGP terbanyak. Keduanya menyabet gelar juara dunia sebanyak 18 kali dan 17 kali. Kemudian, Suzuki pernah tujuh kali menjadi juara dunia MotoGP dan Gilera enam kali.

Tiga tim juga merasakan satu kali juara dunia. AJS asal Inggris pada 1949, sementara Norton dari negara yang sama pada 1951. Ducati pun pernah menjadi juara dunia balapan motor ini pada 2007.

(Baca: Bakal Pensiun, Valentino Rossi Sudah 7 Kali Juara Dunia MotoGP)

Adapun, salah satu pembalap legendaris MotoGP Valentino Rossi mengumumkan rencana pensiunnya dari ajang ini pada akhir musim 2021. Dia pernah bergabung dengan Honda dan Ducati, lalu kini berada di tim Petronas Yamaha SRT.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua