Siapa Investor dengan Portofolio Startup Unicorn Terbanyak?

Teknologi & Telekomunikasi
1
Andrea Lidwina 04/08/2021 13:30 WIB
10 Investor dengan Jumlah Startup Unicorn Terbanyak dalam Portofolio Investasi (hingga Kuartal II-2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Para investor terus mengucurkan modal bagi beragam startup, terutama yang bervaluasi di atas US$ 1 miliar atau disebut unicorn. Tiger Global Management menjadi investor yang paling banyak berinvestasi di unicorn hingga kuartal II-2021. Setidaknya, ada 115 unicorn yang telah disuntikkan dana oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

SoftBank Group juga telah berinvestasi pada 67 unicorn hingga kuartal II-2021. Sejumlah investor yang menempati posisi berikutnya adalah Coatue Management (51 unicorn), Tencent Holdings (50 unicorn), dan Sequoia Capital China (48 unicorn).

Accel, Sequoia Capital, dan Andreessen Horowitz pun memiliki lebih dari 40 unicorn dalam portofolio investasinya. Kemudian, DST Global sudah menanamkan modal pada 38 unicorn dan Insight Partners pada 35 unicorn.

(Baca: 10 Fintech Global yang Meraup Pendanaan Terbesar)

Adapun, startup pengiriman bahan makanan Instacart didukung oleh enam dari 10 investor di daftar tersebut, menjadi yang terbanyak di antara unicorn lainnya. Penyedia layanan keuangan Stripe juga mendapatkan modal dari lima investor tersebut.

Sebanyak tiga unicorn didukung oleh empat investor dari daftar tersebut. Mereka adalah ByteDance (Tiongkok), Fanatics (Amerika Serikat), dan Nubank (Brasil).

Data Populer
Lihat Semua