BI: Kegiatan Dunia Usaha Meningkat pada Kuartal II-2021

Ekonomi & Makro
1
Dwi Hadya Jayani 03/08/2021 16:10 WIB
Saldo Bersih Tertimbang Kegiatan Usaha Bank Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia menunjukan tren kinerja kegiatan dunia usaha semakin meningkat. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan dunia usaha yang mencapai 18,98% pada kuartal II-2021.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan kuartal I-2021 yang sebesar 4,5%. Peningkatan kinerja didorong oleh sejumlah sektor usaha yang mayoritas tumbuh positif.

Pertama, sektor pertambangan dan penggalian mencapai 8,5%. Tumbuhnya kinerja di sektor ini karena adanya peningkatan permintaan domestik dan produksi. Kemudian sektor perdagangan, hotel, dan restoran sebesar mencapai 3,66% dan industri pengolahan sebesar 2,46%.

(Baca: Kegiatan Usaha Terus Membaik pada Kuartal I-2021)

Selanjutnya sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan memiliki SBT sebesar 1,38%. Hal ini sejalan dengan faktor musiman dan keberhasilan panen tanaman bahan makanan. Sementara itu, Bank Indonesia melaporkan sektor konstruksi merupakan satu-satunya sektor yang terkontraksi, tetapi membaik dibandingkan kuartal sebelumnya. Sektor ini memiliki SBT sebesar -0,22%.

Kendati demikian, kegiatan usaha diperkirakan akan melambat pada kuartal III-2021 menjadi 9,77% karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua