IKLAN

Cetak Sejarah Bulutangkis RI, Greysia/Apriyani Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo

Perolehan Medali Indonesia dari Cabang Olahraga Bulu Tangkis dalam Olimpiade

Sumber : International Olympic Committee (IOC),

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Annissa Mutia

2/8/2021, 15.30 WIB

Tim bulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas pertama dalam Olimpiade Tokyo 2020. Medali itu didapat setelah keduanya mengalahkan pasangan ganda Tiongkok, Chen Qing Chen dan Jia Yi Fan. Greysia dan Apriyani menjadi ganda putri pertama Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade.

Pertandingan badminton ganda putri antara Indonesia dan Tiongkok tuntas dalam dua babak pada 2 Agustus 2021. Indonesia unggul dengan skor 21-19 di babak pertama, kemudian dengan 21-15 dalam babak kedua.

Pencapaian Greysia dan Apriyani menambah panjang daftar perolehan emas Indonesia dari cabang olahraga bulu tangkis. Pasalnya, para atlet selalu membawa pulang medali emas sejak Olimpade Barcelona 1992, kecuali saat Olimpiade London 2012.

Dalam Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia telah mengantongi empat medali. Medali-medali tersebut terdiri atas satu emas, satu perak, dan dua perunggu.

Peluang menambah medali perunggu bagi Indonesia berada di tangan pemain bulu tangkis tunggal putra, Anthony Ginting. Ia akan berhadapan dengan pemain asal Guatemala, Kevin Cordon pada hari ini, pukul 18.00 WIB.

(Baca: Berapa Sumbangan Medali Olimpiade dari Bulu Tangkis bagi Indonesia?)

IKLAN

data terkait