Jawa Timur Jadi Pusat Perusahaan Konstruksi Indonesia pada 2020

Properti
1
Monavia Ayu Rizaty 21/07/2021 16:20 WIB
10 Provinsi dengan Jumlah Perusahaan Konstruksi Terbanyak (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ada 19,4 ribu perusahaan konstruksi di Jawa Timur pada 2020. Jumlah itu menjadi yang terbanyak dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Jawa Tengah menyusul di posisi kedua karena ada 11,45 ribu perusahaan yang berlokasi di provinsi tersebut. Kemudian, ada 11,09 ribu perusahaan konstruksi di Jawa Barat.

Sebanyak 11,02 ribu perusahaan konstruksi berada di Sulawesi Selatan. Lalu, sebanyak 9,71 ribu perusahaan konstruksi berlokasi di Jakarta.

Adapun, terdapat 159,3 ribu perusahaan konstruksi secara nasional sepanjang tahun lalu. Mayoritas perusahaan konstruksi membangun pabriknya di Pulau Jawa.

Menurut BPS, perusahaan konstruksi merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana fisik untuk kepentingan masyarakat. Contoh beberapa perusahaan konstruksi di Indonesia yang terkenal, antara lain PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Amarta Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

(Baca: 80% Perusahaan Asia Pasifik Makin Transparan Jalankan Bisnis)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.