Mayoritas Anak Indonesia Mengakses Internet untuk Bermedia Sosial

Teknologi & Telekomunikasi
1
Monavia Ayu Rizaty 14/07/2021 17:00 WIB
Persentase Anak Usia 7-17 Tahun yang Mengakses Internet Menurut Tujuan (2019)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, 48,2% anak-anak Indonesia berusia 7-17 tahun telah mengakses internet pada 2019. Dari jumlah tersebut, 75,8% anak-anak yang mengakses internet menggunakannya untuk media sosial. Persentase itu menjadi yang tertinggi dibandingkan berbagai tujuan lainnya ketika mengakses internet.

Sebanyak 74,7% anak-anak mengakses internet untuk hiburan. Ada pula 54,2% anak-anak yang mengakses internet untuk proses pembelajaran.

Kemudian, 51,7% anak-anak mengakses internet untuk mendapatkan informasi atau berita. 6,5% anak-anak mengakses internet untuk mengirim atau menerima surat elektronik (e-mail). Sementara, 13,4% anak-anak mengakses internet untuk tujuan lainnya.

Berbagai data tersebut menunjukkan, internet menyediakan ruang untuk anak dalam melakukan interaksi sosial. Meski demikian, tanpa adanya pengawasan orang tua, anak akan cenderung terlena dengan penggunaan internet, sehingga berada dalam bahaya.

Selain itu, cyber bullying dan predator anak menjadi ancaman tersendiri bagi anak di internet. Karenanya, orang tua perlu aktif dalam mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan internet.

(Baca: Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat)

Data Populer
Lihat Semua