Proporsi Fasilitas Cuci Tangan di Bali Terbanyak se-Indonesia

Proporsi Penduduk yang Memiliki Fasilitas Cuci Tangan dengan Sabun dan Air (2019)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Dimas Jarot Bayu

17/6/2021, 15.00 WIB

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, 88,33% penduduk di Bali memiliki fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air pada 2019. Jumlah itu menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Kalimantan Selatan menempati posisi kedua dengan persentase penduduk yang memiliki fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air sebesar 85,39%. Bangka Belitung da Sulawesi Selatan berada di urutan setelahnya dengan persentase masing-masing sebesar mencapai 85,35% dan 85,34%.

Adapun, persentase penduduk yang memiliki fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air sebesar 76,07%. Persentase tersebut menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 78,82%.

(Baca: Hampir 80% Rumah Tangga Indonesia Miliki Akses Sanitasi Layak pada 2020)

Kepemilikan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air penting dalam rangka menjaga kebersihan. Terlebih di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Guna meningkatkan akses cuci tangan dengan sabun dan air selama pandemi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melakukan kolaborasi dengan sektor swasta, organisasi, dan masyarakat. Kemenkes juga meminta pemerintah daerah mengampanyekan gerakan cuci tangan serta menyediakan fasilitasnya di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi wisata, dan sebagainya.

data terkait