IKLAN

Siapa Pencetak Gol Terbanyak di Piala Eropa?

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Piala Eropa

Sumber : worldfootball.net,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Dimas Jarot Bayu

10/6/2021, 16.00 WIB

Piala Eropa (UEFA EURO) 2020 akan digelar mulai Jumat 11 Juni 2021. Kejuaraan sepak bola antar-negara Eropa tersebut sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19 pada tahun lalu. Ajang ini sekaligus sebagai pembuktian para striker menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa.

Cristiano Ronaldo, pemain sepak bola asal Portugal tercatat mencetak gol terbanyak sepanjang Piala Eropa digelar sejak 1960, yakni sembilan gol. Rekor yang sama juga dimiliki oleh pemain bola asal Prancis, Michel Platini.

Alan Shearer asal Inggris mencetak tujuh gol di Piala Eropa. Jumlah itu satu gol lebih banyak dari Antoine Griezmann (Prancis), Thierry Henry (Prancis), dan Zlatan Ibrahimovic (Swedia).

Beberapa pemain juga pernah menjebol gawang lawan sebanyak enam kali di kompetisi Eropa tersebut. Mereka adalah Patrik Kluivert (Belanda), Nuno Gomes (Portugal), Wayne Rooney (Inggris), dan Ruud van Nistelrooy (Belanda).

(Baca: Spanyol & Jerman Paling Banyak Juarai Piala Eropa)

Piala Eropa dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Pelaksanaan pertandingan yang seharusnya pada tahun lalu pun mundur menjadi 2021, lantaran pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia.

Pada tahun ini, Piala Eropa akan dilaksanakan mulai Jumat, 11 Juni. Kompetisi sepak bola ini diikuti oleh 24 negara dan berlokasi di 11 negara peserta. Pelaksanaan ini merupakan yang ke-16 sejak diadakan pertama kali.

IKLAN

data terkait