Jadwal Belanja Konsumen di E-Commerce Kebanyakan di Siang Hari

Teknologi & Telekomunikasi
1
Andrea Lidwina 09/06/2021 15:30 WIB
Proporsi Transaksi E-Commerce berdasarkan Waktu (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aktivitas belanja konsumen di e-commerce terjadi sepanjang hari. Namun menurut hasil riset Katadata Insight Center (KIC) dan Kredivo, jumlah transaksi mengalami lonjakan pada pukul 09.00 sampai 15.00. Puncaknya terjadi pada pukul 12.00 dengan proporsi sebesar 6,4%.

Jumlah transaksi online mengalami penurunan setelah periode waktu tersebut. Proporsinya baru meningkat lagi di kisaran 5,2-5,5% pada pukul 18.00 sampai 21.00. Kemudian, transaksi ini kembali menurun hingga esok paginya.

Berdasarkan data ini, konsumen umumnya berbelanja produk di e-commerce saat istirahat dan makan siang. Aktivitas ini lantas banyak dilakukan lagi pada malam hari setelah selesai beraktivitas sepanjang hari.

(Baca: Generasi Muda Lebih Banyak Belanjakan Pendapatannya di E-Commerce)

Adapun dalam sepekan, konsumen paling banyak berbelanja di e-commerce pada Senin-Rabu dengan proporsi masing-masing sebesar 15%. Di luar ketiga hari tersebut, proporsinya tercatat sebesar 14%, kecuali Minggu yang hanya 13%.

Riset ini dilakukan dengan mengolah data pengguna Kredivo yang melakukan transaksi di e-commerce. Data yang digunakan berasal dari satu juta pengguna yang berbelanja di enam marketplace terbesar pada periode 2020.

Data Populer
Lihat Semua