Belanja di E-Commerce, Transaksi Paling Banyak Dilakukan Anak Muda

Teknologi & Telekomunikasi
1
Andrea Lidwina 02/06/2021 17:34 WIB
Transaksi yang Dilakukan Responden dalam 3 Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, sebanyak 56,6% anak muda di Indonesia menyatakan pernah berbelanja di e-commerce dalam tiga bulan terakhir. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan transaksi di layanan digital lainnya.

Responden yang menyatakan pernah melakukan transaksi pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir ada di posisi kedua, yakni 35,9%. Sedangkan, 23% responden membeli bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi ponselnya.

(Baca: Dompet Digital Jadi Metode Pembayaran Terfavorit saat Belanja Online)

KIC melakukan survei secara daring terhadap 1.146 responden yang berusia 18-29 tahun dari Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta pada 13-18 April 2021. Dari jumah tersebut, 82% responen berusia 18-26 tahun atau dikenal sebagai generasi Z.

Data Populer
Lihat Semua