Jasa para pesohor (influencer) kini makin digandrungi untuk memasarkan produk kepada konsumen melalui media sosial. Biaya yang dikeluarkan untuk memakai jasa mereka pun terus meningkat setiap tahunnya.
Pada 2016, biaya yang dikeluarkan untuk memakai jasa pesohor diperkirakan sebesar US$ 1,7 miliar atau Rp 24,4 triliun dengan kurs Rp 14.350/US$ pada 2016. Nilainya meningkat jadi US$ 3 miliar atau 43,1 triliun pada 2017.
Setahun setelahnya, biaya untuk memakai jasa pesohor naik menjadi US$ 4,6 miliar atau Rp 66 triliun. Kemudian, biaya untuk membayar jasa selebritas bertambah jadi US$ 6,5 miliar atau Rp 93,3 triliun pada 2019.
Pada 2020, biaya untuk memakai jasa pesohor kembali meningkat menjadi US$ 9,7 miliar atau Rp 139,2 triliun. Nominalnya pun diperkirakan menyentuh US$ 13,8 miliar atau setara Rp 198 triliun pada 2021.
(Baca: Akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Terpopuler di Indonesia)
Penggunaan jasa para pesohor untuk pemasaran makin marak lantaran konsumen banyak menghabiskan waktu dengan media sosial. Rata-rata tiap orang menghabiskan 2 jam 25 menit sehari berselancar di medium tersebut.