Bangka Belitung Jadi Penghasil Lada Terbesar Nasional

Agroindustri
1
Monavia Ayu Rizaty 14/05/2021 09:00 WIB
10 Provinsi Produsen Lada Terbesar Tahun 2020 (Ton)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia merupakan salah satu produsen lada di dunia. Berdasarkan Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia menjadi negara pengekspor lada terbesar kedua di dunia setelah Vietnam. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan produksi lada nasional mencapai 89,9 ribu ton pada 2020.

Dari 34 provinsi di Indonesia, Bangka Belitung merupakan produsen lada terbesar sepanjang tahun lalu, yakni 33,8 ribu ton. Jumlah tersebut setara dengan 37,6% dari total produksi lada Indonesia pada 2020. Urutan selanjutnya ditempati Lampung dengan produksi lada sebesar 14,4 ribu ton dan Sumatera Selatan sebesar 82,2 ribu ton.

(Baca: Perkebunan Mendominasi Konflik Agraria pada 2020)

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan produksi lada putihnya. Lada putih khas daerah ini telah bersertifikasi indikasi geografis (IG) dan memiliki tingkat kepedasan yang tinggi antara 5%-7%.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, provinsi yang ia pimpin menjadi wilayah penghasil lada putih terbesar di dunia pada 2014. Bangka Belitung bahkan dan mengontrol 37%-40% pasar lada global.

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan data selengkapnya.

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.