Generasi Z menggunakan media sosial untuk beragam alasan. Hasil survei GlobalWebIndex menunjukkan, 50% responden yang berusia 16-23 tahun ini secara global mengaksesnya untuk terhubung dengan teman dan keluarga.
Sebanyak 44% responden menggunakan media sosial untuk mengisi waktu luang. Lalu, 38% responden menggunakan media sosial untuk mencari konten tertentu, 35% melihat topik yang sedang banyak dibicarakan (trending), 34% membaca berita, dan 32% mencari inspirasi.
(Baca: Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 Miliar)
Generasi Z yang menggunakan media sosial untuk mencari barang untuk dibeli, berbagi opini, menonton siaran langsung, hingga mengikuti artis masing-masing sebesar 27%. Sedangkan, hanya 22-24% responden generasi Z yang mengaksesnya untuk hal-hal terkait pekerjaan, mencari komunitas dengan minat yang sama, mengikuti hal-hal seputar olahraga, dan mengunggah kehidupan pribadi.