Jabar Jadi Tujuan Migrasi, Jakarta Ditinggalkan

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 02/04/2021 09:00 WIB
6 Provinsi dengan Migrasi Neto Risen Tertinggi & Terendah (2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, migrasi neto risen di Jawa Barat mencapai 323.171 penduduk pada 2018, menjadi yang tertinggi secara nasional. Posisi Jawa Barat disusul oleh Yogyakarta dan Jawa Timur dengan migrasi neto risen masing-masing sebesar 127.463 penduduk dan 112.601 penduduk pada 2018.

Sementara, Jakarta menjadi provinsi dengan migrasi neto risen terendah, yakni sebesar -287.553 penduduk. Posisi Jakarta disusul Sumatera Utara dan Sumatera Selatan dengan migrasi neto risen masing-masing sebesar -86.884 penduduk dan -33.653 penduduk.

Migrasi neto risen (recent migration) adalah selisih antara jumlah penduduk yang masuk dan keluar dari suatu wilayah menurut tempat tinggal lima tahun lalu. Migrasi risen neto positif berarti jumlah penduduk masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar. Sedangkan migrasi risen neto negatif menandakan jumlah penduduk keluar lebih banyak daripada yang masuk.

(Baca: 5 Provinsi dengan Persentase Penduduk Migran Seumur Hidup Terbesar)

Dari data tersebut, terlihat anggapan bahwa Jakarta selama ini menjadi tujuan utama urbanisasi sudah usang. Nyatanya, jumlah penduduk yang meninggalkan Jakarta lebih besar daripada yang masuk. Rinciannya, sebanyak 742.903 penduduk meninggalkan Jakarta pada 2018, sedangkan yang masuk hanya 455.350 penduduk. Kebanyakan penduduk yang lahir di Jakarta paling banyak bekerja dan tinggal di Jawa barat, Banten, dan Jawa Tengah pada saat ini.

Adapun, Jawa Barat menjadi provinsi yang menyerap migran tetap asal Jakarta terbesar. Angkanya mencapai 940 ribu jiwa atau 60% dari total migran tetap asal Jakarta yang sebesar 1,6 juta jiwa. Menurut Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, pola spasial migrasi di Indonesia umumnya terjadi di dalam pulau (Jawa ke Jawa). Faktor personal seperti kedekatan jarak dengan daerah asal serta kesamaan budaya menjadi pertimbangan utama untuk migrasi ke suatu tempat meskipun ada juga faktor lain seperti lapangan pekerjaan atau ekonomi.

Silakan klik tautan ini dalam kategori: umum >> kependudukan >> migrasi penduduk untuk mendapatkan data selengkapnya.

Data Populer
Lihat Semua