Polusi Udara Tangerang Selatan Tertinggi di Indonesia

Rata-rata Konsentrasi PM 2,5 (2019)

Disalin..

Penulis: Melati Kristina Andriarsi

Editor: Jeany Hartriani

10/3/2021, 10.12 WIB

Tangerang Selatan menjadi kota paling berpolusi udara di Indonesia menurut survei IQ Air 2019. Kualitas udara di Tangerang Selatan mencapai 81,3 mikrogram per meter kubik (µg/m³) yang tergolong tidak sehat. Selain Tangerang Selatan, udara di Bekasi juga dinyatakan tidak sehat dengan indeks AQI mencapai 62,6 µg/m³. Udara yang tidak sehat dapat berdampak buruk bagi paru-paru hingga jantung.

Lima kota lain di Indonesia juga memiliki kualitas udara yang tidak sehat bagi kelompok sensitif. Kota-kota tersebut adalah Pekanbaru, Pontianak, Jakarta, Sawahlunto, dan Surabaya. Meski sebagian besar disebabkan oleh kendaraan, polusi udara juga dapat disebabkan oleh keberadaan PLTU seperti yang terjadi di Sawahlunto. Adapun indeks kualitas di Sawahlunto sebesar 42,7 µg/m³, lebih tinggi daripada Surabaya yang indeksnya sebesar 40,6 µg/m³. Sementara kualitas udara di kota besar seperti Jakarta mencapai 49,4 µg/m³.

Advertisement

Tiga kota besar lainnya yang termasuk 10 kota paling berpolusi di Tanah Air berada di Ubud, Badung, dan Denpasar dengan kualitas udara sedang. Di Ubud indeks kualitas udaranya mencapai 27,9 µg/m³. Sedangkan dua kota lainnya, Badung dan Denpasar indeks udaranya masing-masing 24,4 dan 22 µg/m³.  

TOPIK

Energi

data terkait