LSI: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar-Anies Bersaing Sengit

Elektabilitas 10 Tokoh Jika Pemilihan Presiden Dilakukan Saat Ini (Semi Terbuka)

Sumber : Lembaga Survei Indonesia, 22 Februari 2021

Disalin..

Penulis: Dimas Jarot Bayu

23/2/2021, 15.20 WIB

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi orang yang paling berpeluang menang Pemilihan Presiden (Pilpres) jika diadakan saat ini. Hal itu terungkap dari hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Senin (22/2).

Berdasarkan survei semi terbuka, Prabowo mendapatkan elektabilitas hingga 22,5%. Posisi Prabowo disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang elektabilitasnya masing-masing 10,6% dan 10,2%.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperoleh elektabilitas sebesar 7,2%. Selanjutnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas sebesar 6,9%.

Elektabilitas Menteri Sosial Tri Rismaharini tercatat sebesar 5,55%, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mencapai 5%. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memperoleh elektabilitas sebesar 4,8%.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berada di urutan selanjutnya dengan elektabilitas mencapai 2,3%. Sedangkan, ustaz Abdul Somad berada di posisi kesepuluh dengan elektabilitas sebesar 2%.

(Baca: Prabowo Kembali Pimpin Gerindra, Bagaimana Kans di Ring Pilpres 2024?)

LSI melakukan survei terhadap 2.300 responden pada 25-31 Januari 2021. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar ±2,9% dan tingkat kepercayaan 95%

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.