Tingkat Kesempatan Kerja DKI Jakarta Terendah Nasional

5 Provinsi dengan Tingkat Kesempatan Kerja Terendah Agustus 2020 (%)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS),

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Dimas Jarot Bayu

18/2/2021, 17.00 WIB

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020 menunjukkan, tingkat kesempatan kerja di DKI Jakarta merupakan yang terendah se-Indonesia, yakni 89,05%. Posisi selanjutnya ditempati Banten (89,36%), Jawa Barat (89,36%), Riau (89,66), dan Maluku (92,43%). Kelima provinsi tersebut berada di bawah rata-rata tingkat kesempatan kerja nasional yang sebesar 92,93%.

Tingkat kesempatan kerja secara nasional memang mengalami penurunan selama pandemi virus corona Covid-19. Pada Agustus 2020, tingkat kesempatan kerja nasional sebesar 92.93%, turun 1,84% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 94,77%.

Advertisement

Pandemi membuat perusahaan lebih banyak mengurangi jumlah tenaga kerja maupun lowongan kerja. Hal itu pun membuat kesempatan bekerja bagi penduduk usia kerja ikut turun. BPS mencatat, jumlah iklan lowongan kerja di situsweb menyusut menjadi 3.439 iklan pada April 2020 dibandingkan bulan sebelumnya yang sebanyak 11.090 iklan.

(Baca Selengkapnya: Pemerintah Targetkan 212 Ribu Orang Ikut Program Cipta Wirausaha Baru)

Kesempatan kerja menurut BPS adalah peluang seorang penduduk usia kerja yang termasuk angkatan kerja untuk bekerja. Kesempatan kerja erat kaitannya dengan kemampuan pemerintah untuk menciptakan investasi yang aman dan nyaman, sehingga memperluas lapangan pekerjaan.

Dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja saat pandemi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melakukan sejumlah langkah strategis, antara lain membantu biaya pelatihan lewat Kartu Prakerja, melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dan produktivitas melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Tanggap Covid-19, serta melakukan pengembangan perluasan kesempatan kerja bagi pekerja terdampak Covid-19 berupa program padat karya dan kewirausahaan. Kemenaker juga membuka layanan informasi, konsultasi, dan pengaduan bagi pekerja bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan.

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan data selengkapnya mengenai informasi di atas. 

data terkait